Arsip internet Radio Nederland Siaran Indonesia Ranesi muncul lagi

1

ranesi_tabik_logo

“Achirnja doi nongol kembali, “tulis Joss Wibisono, mantan Redaktur Ranesi (Radio Nederland Siaran Indonesia) di ajang obrolan mantan kru Ranesi di facebook. Maksudnya arsip Radio Nederland Wereldomroep (RNW) termasuk Ranesi (Radio Nederland Siaran Indonesia) bisa diakses lagi. Pada 26 Mei memang bermunculan berita bahwa arsip RNW bisa dikunjungi lagi. Ini menyangkut artikel-artikel internet yang ditulis sebelum tahun 2013, saat RNW lama mengakhiri aktivitasnya dan berubah menjadi RNW Media.

Awal tahun ini Direksi RNW Media memutuskan untuk meng-offline-kan situs lama www.rnw.nl. Website ini berisi kumpulan artikel dan siaran dalam sepuluh bahasa termasuk bahasa Indonesia. Alasannya untuk menghemat dan mencegah kebingunan para pengunjung website yang mencari kegiatan RNW yang baru.

Keputusan ini menyulut gelombang protes mantan karyawan dan penggemar RNW. Mereka khawatir akan kehilangan warisan jurnalistik RNW.

Direktur RNW Media, Robert Zaal, mengatakan, ia gembira karena bisa menghilangkan rasa takut tersebut. “Bagi kami warisan jurnalistik juga sangat penting. Dengan dibuatnya webstie khusus untuk arsip ini, maka jelaslah perbedaan antara organisasi lama dengan yang baru. Selain itu kami juga berhasil menekan beaya untuk mempertahankan situs lama.”

Namun beberapa mantan kru Ranesi masih mempertanyakan di mana bisa menemukan arsip audio yang lengkap.

Alamat url arsip artikel berbahasa Indonesia Radio Nederland adalah sebagai berikut: http://archief.wereldomroep.nl/bahasa-indonesia

Komentar Via Facebook

Share.

About Author

1 Comment

Leave A Reply