Foto-Foto Unik Eksekusi di Hindia Belanda

1

Untuk pertama kali dalam sejarah Belanda muncul foto-foto yang memperlihatkan eksekusi di Hindia Belanda nama Indonesia di zaman penjajahan Belanda dulu. Demikian tulis koran Belanda De Volkskrant seperti diberitakan televisi nasional Belanda NOS.

Gambar-gambar itu kemungkinan besar dibuat pada zaman aksi polisionil atau politionele actie. Zaman ini disebut di Indonesia sebagai agresi militer Belanda untuk merebut kembali Hindia Belanda yang waktu itu menurut versi Indonesia sudah menjadi Republik Indonesia.

Di foto-foto terlihat tiga orang warga Indonesia berdiri di pinggir parit pada saat mereka ditembaki. Di foto yang lain terlihat beberapa mayat terguling di parit.

Para sejarawan Belanda menilai gambar-gambar tersebut asli. “Kami sendiri memiliki banyak album foto di sini. Dan kami sudah lama menunggu munculnya foto seperti itu dan sekarang itu terjadi. Saya belum pernah melihat foto seperti itu sebelumnya,” kata René Kok dari lembaga dokumentasi perang NIOD.

Foto-foto itu ditemukan sudah bertahun-tahun lalu di sebuah peti sampah di Enschede, sebuah kota di Belanda timur. Yang menemukannya adalah seorang karyawan arsip kantor pemeritah kota. Tapi belum lama ini orang baru sadar arti foto-foto tersebut.

Pemilik album foto tersebut sudah wafat. Ia adalah seorang tentara Belanda yang pada 1947 ditugaskan ke Hindia Belanda, nama Indonesia di zaman itu, menjelang aksi polisinil pertama.

“Ini foto-foto unik,” kata seorang karyawan Lembaga Sejarah Militer atau Instituut voor Militaire Historie. “Ini bukan foto biasa. Tidak semua tentara Hindia Belanda membawa foto-foto seperti ini pulang kampung.”

Bulan lalu lembaga dokumentasi sejarah NIOD dan dua lembaga lain mengimbau untuk meneliti kembali operasi militer Belanda di Hindia Belanda antara tahun 1945-1949. Operasi di pulau Jawa dan Sumatra tersebut berlangsung setelah Jepang menyerah pada PD II. Belanda saat itu mengerahkan militer untuk merebut kembali tanah jajahannya dan menentang kemerdekaan Indonesia.

Sumber: nos.nl
Link: http://nos.nl/artikel/393325-unieke-beelden-executies-indie.html

Komentar Via Facebook

Share.

About Author

1 Comment

Leave A Reply