Lagi-Lagi Demonstrasi Pro Palestina di Amsterdam

0

palestineSekitar 100 demonstran pro Palestina menggelar unjuk rasa di Amsterdam, Belanda, Sabtu (23/08). Menurut polisi demonstrasi berjalan lancar. Satu orang warga ditangkap karena menganggu ketertiban umum. Demikian kata juru bicara polisi.

Demonstrasi diawali sekitar jam 2 sore waktu setempat di Lapangan Dam, di mana digelar berbagai orasi. Mula-mula hanya ada puluhan pengunjuk rasa, kemudian jumlahnya makin bertambah. Rapper Rachid Appa El Gazaouien dan aktivis Arab dari Belgia Dyab Abou Jahjah menyampaikan orasi.

Partai Sosialis (SP), yang hampir selalu ikut demo membela Palestina,  mengundurkan diri dari keikutsertaan karena kehadiran dua orang aktivis di atas. Ketua SP Chris Schaeffer: “Dyab Abou Jahjah dulu pernah menyebut  Saddam Hoessein seorang syahid dan Rachid Appa El Gazaoui pernah menyamakan Israel dengan Nazi Jerman. Ini kan melenceng.”

Menurut televisi Amsterdam AT5  di Dam terdengar slogan-slogan keras. Konon kata-kata “Anjing zionis gila uang dan darah” terdengar saat unjuk rasa. Unjuk rasa berakhir sekitar jam  17.30 waktu setempat.

Polisi disiapsiagakan untuk mengawasi jangan sampai ada ungkapan-ungkapan antisemit. Mengeluarkan kata-kata yang bersifat antisemit dan membawa bendara ISIS atau Hamas dilarang.

Sumber: Het Parool

Komentar Via Facebook

Share.

About Author

Leave A Reply