Menhan dan Panglima Tentara Belanda Mengundurkan Diri

0

Menhan Belanda
Jeanine_Hennis-Plasschaert
©en.m.wikipedia.org

Menteri Pertahanan Belanda Nyonya Jeanine Hennis mengundurkan diri. Bersama dengan menteri dari partai liberal konservatif VVD ini, Panglima Tentara Belanda JenderalTom Middendorp juga meletakkan jabatannya.

Hal tersebut diumumkan menteri pada saat terjadi perdebatan di parlemen Belanda De Tweede Kamer Selasa (03/10) malam waktu setempat atau Rabu (04/10) dini hari waktu Indonesia.

“Saya adalah orang bertanggung jawab secara politik. Dan saya merasa bertanggung jawab sepenuhnya, “ kata Hennis di depan anggota parlemen. Hari ini berakhir. Saya berhenti sebagai Menteri Pertahanan, “ katanya.

Posisi menteri ini tidak bisa dipertahankan lagi setelah munculnya laporan Dewan Keamanan OVV tentang tewasnya dua tentara Belanda, anggota kontingen di Mali, Afrika. Dua serdadu Belanda itu tewas akibat mortir yang meledak dini.

OVV menyatakan, Kementerian Pertahanan lalai dalam menjamin keamanan tentaranya yang dikirim ke luar negeri.

Ketua OVV Erwin Muller, saat berbicara di depan parlemen, menyatakan, bahwa pemimpin politik dan pemimpin militer pertahanan Belanda bertanggung jawab atas kecelakaan maut tersebut.

Ahli waris korban marah ketika mendengar laporan tersebut dan mengancam akan menggugat Kementerian Pertahanan. Setelah itu Panglima Tentara Belanda serta merta berkunjung ke rumah ahli waris militer yang tewas dan meminta maaf.

Bagi partai pemerintah VVD Hennis adalah orang kelima yang tidak sempat menghabiskan tugasnya sebagai menteri. Hennis adalah menteri dalam kabinet yang sudah demisioner di bawah pimpinan Perdana Menteri Mark Rutte dari partai VVD.

Komentar Via Facebook

Share.

About Author

Leave A Reply