Pendapat Pakar Belanda Tentang Perusuh G20 di Jerman

0

Kerusuhan saat G20 di Jerman
©youtube.com

Pakar Belanda mengomentari kerusuhan di Hamburg, Jerman, tempat digelar G20. Sabtu malam kemarin kelompok ekstrem kiri radikal membakar mobil, merusak banyak toko dan melemparkan

Menurut Jacco Pekelder, pakar terorisme di Universitas Utrecht, Belanda, dalang kerusuhan ini adalah Black Block. “Mereka berpakaian hitam-hitam dan terorganisir dengan baik, “ katanya. Menurut ilmuwan ini, tanpa kelompok inti ini, kita tidak akan menyaksikan ajang kekerasan seperti yang bisa kita saksikan sekarang.

Jacco Pekelder menambahkan, bahwa Black Block terdiri dari berbagai kelompok, yang pada saat-saat tertentu bekerjasama.

Menurut pakar Belanda lain, psikolog sosial Arjen de Wolf, yang menyatukan kelompok-kelompok ini adalah sentimen anti globalisasi dan kapitalisme.

Menurut Jacco Pekelder di antara mereka sebenarnya ada juga yang tidak suka dengan tindak kekerasan, tapi mereka terbawa-bawa oleh kelompok inti. “Ada anggota yang makin kuat ideologinya dan terjadilah pergeseran peranan di dalam organisasi. Setelah itu muncul semacam tahap peralihan di mana orang menjadi radikal dan ujungnya adalah tindak kekerasan.”

Kekerasan itu, menurut Jacco, juga disulut oleh tindakan polisi yang juga cukup keras.

Arjen de Wolf menyamakan kelompok ekstrem kiri ini dengan organisasi teror seperti ISIS. Mereka sama-sama ingin menambah anggota dan simpatisan. “G20 ini merupakan ajang yang tepat untuk itu,” kata Arjen de Wolf.

Namun Pekelder berpendapat, tindak kekerasan ini justru membuat orang makin tidak simpati dengan perjuangan mereka.

Komentar Via Facebook

Share.

About Author

Leave A Reply