Penerbitan “Al Quran untuk Anak-Anak” di Belanda

0

Abdulwahid Van Bommel
©youtube.com

Yayasan yang dikelolah muslim asal Turki ISN akan menggelar presentasi “de Koran: uitleg voor Kinderen” atau “Al Quran: penjelasan untuk anak-anak” Ahad 9 Juli 2017.  Abdulwahid Van Bommel, penulis yang berlatar belakang pedagogi ini menilai buku-buku pelajaran tentang Islam yang ada kaku, penuh dengan perintah dan larangan dan tidak memberi kesempatan kepada anak-anak untuk bertanya dan bertanya-tanya.

Sementara buku yang ditulisnya bersifat interaktif. Penjelasan-penjelasan di dalam buku ini diselingi dengan pertanyaan-pertanyaan kepada pembaca tentang apa yang mereka baca. “Mereka bisa membicarakan hal itu dengan orang tua atau guru,” katanya kepada penyiaran publik Belanda NOS.

Abdulwahid mengatakan buku ini juga cocok untuk orang dewasa.

Mantan rohaniwan rumah sakit dan penjara Belanda ini juga menuturkan, sebenarnya di negara-negara Islam sangat banyak tafsir Al Quran. Ulama Belanda yang pernah menjadi direktur penyiaran Islam Nederlandse Moslim Omroep (NMO) ini menambahkan pula bahwa 450 masjid di Belanda menggunakan tafsir mainstream.

“Kiai” Belanda ini sadar ia akan banyak dikritik, terutama dari negara-negara Islam. Ia menduga, kritikan itu akan berkenaan dengan gambar-gambar yang dimuat di dalam buku ini. “Menggunakan gambar untuk hal-hal dari Al Quran sangat sensitif di negara-negara seperti Arab Saudi, Afganistan dan Indonesia,” kata ustadz Belanda yang beristrikan perempuan Maluku ini.

Buku ini merupakan salah satu dari sekian banyak karya tulis ulama Belanda yang banyak belajar Islam di Turki ini. Salah satu buku pertamanya adalah “Kom tot het gebed” atau “Mari bersembahyang”.  Dan sebelum menyelesaikan “Al Quran untuk anak-anak” ini ia berhasil menerjemahkan Masnawi yang terdiri dari 6 jilid, karya agung sufi Jalaluddin Rumi ke dalam Bahasa Belanda.

Presentasi buku akan digelar di Ulu Moskee, masjid yang dikelolah umat Islam asal Turki di kota Urecht, Belanda Tengah.

 

Komentar Via Facebook

Share.

About Author

Leave A Reply