Perusahaan Emas Tertua di Amsterdam Terancam Bangkrut

0

Foto: pxhere.com

Setelah hampir 300 ratus usianya, perusahaan logam mulia  Schöne Edelmetalen di Amsterdam terancam bangkrut. Pemiliknya Umicore akan menutup perusahaan emas itu.

Koran Belanda Het Financieele Dagblad (FD) menerima konfirmasi tentang berita itu dari Umicore sendiri. Namun perusahaan emas Schöne tidak menyinggung berita itu di websitenya. Di sana hanya tertulis, bahwa Jumat lalu perusahaan ditutup karena ada kegiataan “inventarisasi”.

Schöne sudah berdiri sejak tahun 1739. Mula-mula sebagai pemeriksa emas dan perak atas nama Wisselbank. Kini perusahaan ini aktif di bidang daur ulang dan pengilangan logam mulia. Kegiatannya antara lain mengambil emas dari pesawat seluler, laptop dan perhiasan lalu memasok produk yang sudah diolah ke toko-toko emas dan logam mulia, tapi juga ke laboratorium di bidang tehnik gigi dan industri manufaktur.

Schöne adalah salah satu dari sedikit perusahaan dunia yang tertua di bidang ini. Perusahaan ini memiliki status pengawas yang bisa menyatakan bahwa sebuah produk bisa diperjual belikan tanpa perlu dianalisa lebih lanjut. Menurut Schöne sendiri mereka adalah satu-satunya perusahaan memiliki status tersebut di Benelux.

Schöne memilik lima puluh karyawan

Menurut koran FD, karena mengalami kerugiaan terus menerus di Belanda, maka Umicore mau memindahkan perusahaanya ke luar Belanda. Di Amsterdam hanya tinggal kantor perdagangan saja antara lain untuk menerima bahan daur ulang.

Komentar Via Facebook

Share.

About Author

Leave A Reply