Tersangka Teroris Dituntut Hukuman Perawatan Paksa

0

Lanud Vonkel
foto: FaceMePLS

Jaksa pengadilan negeri di kota Eindhoven, Belanda Selatan, menuntut hukuman dua tahun penjara terhadap tersangka teroris Hasan A.

Kejaksaan ingin agar pria yang cacat mental ini bisa secepat mungkin dirawat di lembaga khusus bagi terpidana delik tertentu apa yang disebut TBS (Terbeschikkingstelling)

Laki-laki berusia 24 tahun ini dituduh menyiapkan serangan di Lanud Volkel dan Leeuwarden. Juga ditemukan di computernya informasi tentang politisi anti Islam Geert Wilders dan perdana menteri Mark Rutte beserta bahan propaganda organisasi teroris ISIS.

Memang tidak banyak terdapat rencana terinci,” kata jurubicara Kejaksaan. Namun demikian Hasan dinilai berbahaya bagi masyarakat. Hasan pernah divonis dalam kasus perampokan di jalanan dan mengancam tokoh masyarakat Belanda.

Musim panas tahun lalu Hasan ditangkap di Eindhoven, karena ia mengenakan topi bivak berkendaraan keliling kota. Ketika diintrogasi ia mengatakan, ia tidak percaya kepada sistem hukum Belanda dan tertarik dengan Islam radikal.

Pakar ilmu jiwa menilai, Hasan besar kemungkinan akan mengulang perbuatannya. Makanya Kejaksaan berpedapat Hasan harus divonis TBS dan perawatan paksa demi melindungi masyarakat.

Komentar Via Facebook

Share.

About Author

Leave A Reply